Be A More Grateful Person with Journaling

by - January 28, 2020


Hello! This is my first blogpost in 2020.. Semoga bisa terus konsisten menulis dan berbagi disini sepanjang tahun nanti. Jangan kaya kebiasaanku waktu menulis di diary waktu jaman sekolah dulu, begitu udah mulai kuliah gak pernah lagi nulis diary harian pakai tulisan tangan sendiri. Makin dewasa malah nulisnya lebih sering buat caption foto Instagram hehe.. Makanya kali ini aku bakal sharing tentang sebuah workshop yang baru aja aku ikutin di hari minggu tanggal 26 Januari lalu. Aku dapat ilmu yang sangat bermanfaat dan relevan dengan kerjaanku sehari-hari thanks to Rubi Community yang sudah mengundangku buat join di #RubiClassJournal ini.

Apa itu Rubi Community?

Rubi adalah singkatan dari Respecting, Understanding, Beauty Influencers. Jadi memang Rubi adalah sebuah komunitas yang mewadahi para beauty Influencer untuk upgrade skill maupun menjadi ajang silaturahmi sesama beauty content creator. Kedepannya gak cuma ngadain event bermanfaat di kota Yogyakarta aja loh, tapi juga akan diadakan di berbagai kota-kota di Indonesia. Sesuai dengan slogannya “Empowering Women Now”, Rubi Community memang fokus untuk mendukung para perempuan Indonesia agar dapat terus berprestasi melalui passion mereka. Rubi juga rutin ngadain kelas-kelas yang pastinya seru dan banyak ilmunya loh, jadi kamu bisa cek di Instagram mereka @RubiCommunity buat liat info event yang mereka adakan.


Ini adalah first experience aku buat ikutan workshop yang diadakan Rubi, it’s such an honour dan ternyata manfaatnya pun terasa banget! Kali ini mereka collab bersama Ceesjournal buat memberikan materi seputar Journaling. Memang belakangan ini self healing dan self love lagi banyak dibicarakan, jadi menurutku pas banget dengan adanya workshop Journaling ini bisa membantu aku untuk mencapai self love yang belum bisa aku achive sepenuhnya..

Journaling sebenernya mirip dengan menulis agenda harian/diary. Kita menuliskan diatas kertas tentang apa yang kita lalui hari ini, apa emosi yang kita rasakan, siapa saja yang terlibat dalam kegiatan kita, dan masih banyak lagi. Aku pribadi pernah menulis diary sekedar untuk membuang semua uneg-uneg tanpa harus capek mengekspresikannya dengan verbal. Semakin tua aku malah ngerasa kaya gak punya waktu buat nulis diary, padahal ternyata manfaatnya tuh buanyaaaakk banget loh. Dengan bisa meluangkan waktu 5-15 menit aja tiap hari buat nulis, terbukti bisa meredakan stress, boost confidence, membantu untuk lebih mencintai diri sendiri dan membuat diri lebih banyak bersyukur.


Sebagai awalan, Mba Cici selaku owner CeesJournal ini memberikan kita “tugas” untuk menuliskan 1 hal yang paling membuat kita bersyukur. Ditambah dengan foto moment tersebut yang dicetak untuk kita tempel di lembar awal buku jurnal. Aku sendiri memilih foto saat melahirkan anak pertamaku dan memutuskan untuk memberi judul Life Changing Moment sama seperti judul blogpostku tentang melahirkan dulu hahahaa…

Setelah itu, kita diminta untuk menuliskan 5 alasan kenapa memilih moment tersebut. Aku awalnya bingung, gak tau mau nulis apa. Tapi dengan motivasi dan inspirasi dari Mba Cici akhirnya aku nulis 5 alasan tersebut. Walaupun memang tulisannya gak sebagus ala-ala pinterest gitu ya dengan tulisan meliuk nan indah. Tapi buat aku, bisa memulai kembali untuk menulis dan menuangkan apa yang aku rasakan di atas selembar kertas itu ternyata legaaaa.. Aku baru inget betapa menyenangkannya hal ini, ditambah lagi sekarang banyak banget printilan lucu yang bisa kita tambahkan untuk mempercantik jurnal ini. Pastinya semua sudah lengkap disediakan oleh Rubi Community sebagai bagian dari workshopnya hehe..


Here is my result.. What do you think?

Thank you so much for Avoskin, Rubi Community, Ceesjournal serta Desia's kitchen dan Elita Kerudung untuk kelas Gratitude Journal yang super asik! Berasa ‘ditampar’ supaya kembali rutin nulis nih hehe.. Dapat goodiebag yang berisi produk-produk dari Avoskin dan juga Lacoco. Next aku bakal tulis review dari Lacoco ini yaaa, karena kalau untuk Avoskin Perfect Hydrating Treatment keluaran pertama udah pernah aku tulis reviewnya dibawah ini



Thanks again, jangan kapok yaaa buat undang aku ke acara seru lainnya. XOXO

You May Also Like

2 comments