Liburan Ala Backpacker dengan Balita ke Solo? Kenapa Tidak?

by - February 15, 2018


Liburan ala backpacker ke destinasi populer seperti Solo terdengar mudah. Tinggal memesan tiket promo ke Solo dan berkemas secara sederhana, dan Anda sudah siap berkelana. Namun, jika membawa balita, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, mulai dari keamanan, kesehatan, hingga kenyamanan.

Untungnya, Solo termasuk kota yang “mudah” untuk dikunjungi, baik oleh backpacker pemula maupun yang membawa anak kecil. Berikut contoh persiapan dan rencana perjalanan jika Anda membawa balita melancong ke Solo.

Persiapan Lengkap tetapi Ringkas


Idealnya, dalam perjalanan ala backpacker, satu orang anggota perjalanan harus membawa tas sendiri. Jika membawa balita, Anda bisa menambah satu traveling bag di luar ransel yang dibawa setiap orang dewasa (atau anak yang agak besar). Tas tambahan ini digunakan untuk menyimpan barang-barang si balita, seperti pakaian, perlengkapan makan dan minum, popok, hingga obat-obatan standar.

Anda juga bisa menyimpan satu tas kain ringan serta beberapa kantung plastik di dalam tas tambahan ini, sebagai alat penyimpanan praktis atau untuk membuang sampah.

Barang-Barang Khusus Balita


Saat hendak berwisata ke Solo, sebaiknya Anda membawa gendongan (carrier). Akan tetapi, jika si kecil sudah bisa berjalan, tidak ada salahnya membawa kereta dorong kecil, karena akan lebih mudah mendorong anak yang lelah ketimbang menggendongnya. Kereta dorong tidak harus digunakan setiap saat, terutama jika Anda hendak membiasakan si kecil mandiri.

Barang lain yang harus selalu dibawa adalah persediaan kue atau minuman, seperti biskuit bayi dan susu dalam kotak kecil. Keduanya penting untuk mengisi perut dan menghidrasi balita di antara waktu-waktu makan, terutama saat Anda dan si kecil sedang mengantre.

Jangan lupa mengemas berbagai obat standar, terutama jika bepergian agak lama. Obat demam, obat batuk, minyak kayu putih, dan bedak pencegah gatal harus selalu tersedia. Pilih kemasan sachet untuk obat cair. Jika tidak ada, beli obat dalam botol kecil dan masukkan ke kantung plastik sebelum menaruhnya di tas.

Hotel Murah, Aman, dan Strategis


Pelancong backpacker mungkin tidak masalah menginap di tempat murah berfasilitas ala kadarnya. Tetapi, jika membawa balita ke Solo, hotel murah dan strategis sangat disarankan. Fasilitas standar hotel serta keberadaan staf akan membantu Anda saat mengurus si kecil selama perjalanan, terutama jika hanya berdua dengan si balita.

Anda bisa menemukan hotel murah yang cukup aman dan bagus di dekat tempat-tempat wisata atau area penting, misalnya dekat Stasiun Balapan, Kampung Batik, Solo City Walk, Taman Balekambang, atau alun-alun.

Transportasi Murah dan Nyaman


Wisata backpacker mengandalkan kendaraan umum yang murah, tetapi jika membawa balita, faktor kenyamanan dan keamanan harus diperhitungkan. Solo memiliki beberapa alat transportasi yang cocok untuk wisatawan berkantung sempit. Bus Werkudara adalah bus wisata bertingkat unik yang cocok untuk berkeliling Solo secara hemat.

Bus wisata ini penampilannya mirip double-decker bus khas Inggris, dan bagian dalamnya cukup nyaman, dengan fasilitas AC serta kap di tingkat atas yang dapat dibuka-tutup. Bus ini akan membawa Anda berkeliling Solo selama dua jam, dengan tarif sekitar 20 ribu Rupiah.

Anda juga bisa mencoba bus rel Batara Kresna, bus wisata yang diaktifkan lagi pada tahun 2015. Dengan tarif empat ribu Rupiah, Anda bisa menikmati perjalanan wisata ke berbagai penjuru Solo. Bagian dalamnya yang nyaman juga cocok untuk balita.

Akhirnya, jangan lupa untuk membeli tiket Anda di Airy Tiket Pesawat untuk mendapat harga terbaik. Wisata backpacker ke Solo bersama si kecil tidak sulit, asal Anda memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan.

You May Also Like

1 comments

  1. bus werkudara baru dengar aku mba, udah lama ga ke solo.. apa cara menggunakan bus ini kaya bus trans gtu (harus pakai kartu tiket)?

    ReplyDelete

Instagram @Windriani