Backpacking to Singapore Day 1

by - August 12, 2016

Dan akhirnya tiba jugalah hari yang ditunggu2.
21 Juli 2016, #3Negara10Hari here we goooooo!

1st Day (Kamis, 21 July)

Dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, kita ke terminal baru di bagian barat bandara. Karena pakenya Air Asia, dan keberangkatan Internasional jadi bukan di terminal lama. Pesawat berangkat jam 07.45 langsung menuju Changi Airport di Singapore, jadi dari rumah jam setengah 5 subuh karena harus ngelewatin imigrasi dulukan mendingan nunggu deh daripada telat. Ehh ternyata imigrasi yang di bandara Jogja baru bukanya jam 6 pagi hahaha jadi lumayan lah nunggu sejam, terus setelah lewat imigrasi nunggu boarding sejam setengah lagi. Untungnya on time, dan perjalanan juga lancar.


Sampe di Changi Airport jam 10.45 dan lewat imigrasi, aku sampe disuruh buka sepatu karena mungkin sepatu boots coklatku gak bermerek gitukan takutnya kaya sepatu-sepatu custom yang kaya di TV terus diselundupin obat gitu jadi harus kulepas (aku kebanyakan nonton tipi) terus laptop juga dikeluarin ditaro di box khusus padahal itu laptop ada di dalem tas backpack jadi cukup ribet harus buka gembok dan ngeluarin dari tas yang sudah ditata sedemikian rupa. Terus abis itu ditanyain juga selama di Singapore nginepnya dimana, minta kasih liat juga bukti bookingan hotel. Untung waktu sebelum berangkat udah aku screenshot jadi gak perlu buka e-mail dulu.

Lewat imigrasi, terus langsung ke terminal 3 buat beli Tourist Pass. (Tourist Pass adalah kartu khusus yang bisa kita beli buat ngasih akses unlimited naik MRT atau kereta dan juga Public Bus selama jumlah hari yang kamu pilih. Jadi ada pilihan 1,2, dan 3 hari bisa langsung cek aja websitenya Tourist Pass Singapore di http://www.thesingaporetouristpass.com.sg/about-the-passes/ 
Emang rada sempet nyasar, tapi memang kudu tanya terus deh kalo gak mau salah jalan. :p
Setelah beli Tourist Pass yang buat 3 hari seharga $20 tapi harus deposit $10 jadi totalnya berdua $60 nanti setelah 3 hari kita balikin kartunya bakal balik tuh yang deposit $10 *tenang aja tempat balikin kartunya gak mesti ditempat awal beli kok bisa cek di websitenya buat tau dimana aja balikin kartunya.


Dari Changi Airport naik MRT buat ke Lavender karena hostel kita ada di Hamilton Rd ya yang paling deket itu Lavender Station. Changi Airport - harus ganti kereta di Tanah Merah dulu buat lanjut green line ke Lavender. Naik MRT di Singapore tuh gampang banget, asal buka mata ngeliat tulisan tulisan dan juga peta kamu bakal selamat. Dan jangan lupa, waktu nunggu kereta dateng harus antri dibelakang garis sampingnya pintu masuk kereta. Jadi biar yang didalem kereta keluar dulu barudeh kamu masuk. Di Singapore itu orangnya rapi dan taat banget, kalo kamu naik eskalator juga jangan lupa berdiri di bagian kiri ya karena di bagian kanan itu untuk orang yang mau buru-buru dan jalan lebih cepet. Nanti kamu bakal liat deh kalau kesana, orang-orang pada rapi semua berjejer di bagian kiri eskalator walaupun gak ada orang yang lewat di bagian kanannya.
Waktu didalam stasiun dan kereta juga gak boleh makan,minum apalagi merokok. Coba aja langgar, siap-siap diperingatkan lewat speaker karena CCTV dimana-mana dan kalo ketahuan parah langsung denda $5000 wuuuuu. Selain itu nih ya, tips naik MRT di Singapore adalah liat warna-warna kursi didalam kereta. Ada warna-warna khusus yang beda sama kursi lainnya, itu adalah kursi buat orangtua, difabel, anak-anak dan ibu hamil. Selama aku di Singapore, orang selalu peka buat nawarin tempat duduk berwarna khusus ketika ada yang lebih membutuhkan. Bahkan sering dibiarkan kosong dan lebih milih buat berdiri. Salut deh!

Setelah turun di Lavender, jalan kaki 600m buat ke Meadows Hostel. Disini aku booking buat 2 malam, ambil yang bunkbed / double capsul buat 2 orang. Harganya Rp.748.000 dan check in baru bisa setelah jam 12, jadi kita sampe cuma taroh tas cuci muka dan langsung cus ke

1. Kampong Glam sama ke Sultan Mosque
Jalan kaki gak terlalu jauh, sekitar jalan kaki 20 menit.


Foto-foto bentar, terus makan di salah satu warung disitu. Tips buat makan hemat di Singapore adalah pilih yang kursinya plastik jangan yang terlihat fancy. Dan aku memilih yang ala warteg gitu, menu yang murah adalah teh tarik sama nasi lemak. Yang jual juga bisa bahasa melayu, harganya buat makan 1 porsi nasi lemak terus 1 teh tarik sama 1 es milo adalah $7.50
*makannya 1 aja karena porsinya lumayan banyak jadi bisa sharing berdua*


2. Merlion Park
Naik MRT lagi, jadi dari Kampong Glam jalan kaki ke stasiun Bugis terus turun di stasiun Raffles Place abis itu jalan kaki dikit dan sampailah buat liat patung singa yang menyemburkan air itu. Lumayan rame, jam 1an siang gitu pas banget mataharinya bersinar terang jadi bagus buat foto-foto.


Setelah Merlion Park, jalan kaki ke

3. Marina Bay Sands
Hotel yang emang unik banget, megah dan diatasnya ada kolam renang yang fenomenal itu tapi akumah cuma foto-foto dibawah doang sih gak masuk hahaha.. Di deket Marina Bay itu ada mall namanya The Shoppes lumayan lah buat mengademkan badan di cuaca yang terik-teriknya itu dan bisa buat ke Gardens by the Bay lewat jembatan diatas gitu tapi karena kita nyari-nyari akses kesana gak nemu akhirnya kita lewat bawah buat ke Gardens by the Bay.



4. Gardens by the Bay
Setelah sampe, ada juga taman-taman yang didalam dome gitu tapi kalau mau masuk situ bayar jadi aku gak masuk sana hahaha cuma mau menuju ke pohon-pohon ala avatar atau namanya adalah Supertree Groove yang gratisssss kecuali kamu mau jalan di atas skywaynya gitu kudu bayar. But I only need the free stuffs hahaha, jalan kaki cukup jauh juga buat ke pusatnya pohon-pohon keren itu bikin lapar liat Mcafe langsung stop beli burger kentang sama coca cola harganya $6.20 lumayan numpang Wi-Fi dan juga ngadem hohoho..

Tips lainnya buat jalan-jalan hemat di Singapore adalah always bawa botol minum. Karena di tempat-tempat wisata banyak juga tersedia drinking water fountain jadi kalo udah abis bisa diisi lagi. Lumayan kan air putih gak perlu beli, sangat menghemat deh.

5. Lights and Water Show
Nah setelah menunggu malam tiba,  yang sedikit berbeda dari Indonesia karena jam 19.00 di Singapore masih terang. Kita balik lagi ke Marina Bay dan kali ini lewat jembatan penghubung antara mall The Shoppes dengan Gardens by the Bay yang kita kurang jeli aja mencari awalnya hehe.. Terus langsung keluar ke arah yang menghadap ke danau persis di sebrangnya patung Merlion. Kita nunggu mau nonton show air mancur gitu yang katanya mulai jam 20.00 tapi kita udah cari spot didepan dari jam 19.30 karena kalo dateng persis jam 8 malem bakal gak kebagian duduk yang didepan tuh. Cuma lesehan aja, tapi pertunjukan sekitar 15 menitnya apik banget karena pake lampu-lampu yang disorot dari Marina Bay Sands Hotel dan menceritakan sedikit tentang sejarah Singapore gitu. And of course, it's free! Selain jam 8 malam, pertunjukannya ada lagi di jam 21.30.


Pulang ke Lavender, naik MRT lagi dari Marina Bay station terus pindah di City Hall buat lanjut ke Lavender. Sampe Lavender ternyata ujan deres bangeett, jadi mampir makan di Burger King pas itu aku liat iklan ada promo $4.95 itu burger, kentang cheese gitu, sama coca cola. Setelah agak reda, mampir lagi di mini market gitu buat beli roti terus susu sama soft drink buat dibawa bekal ke Universal Studio Singapore hari ke-2.

So that was day 1, hari keduanya menyusul yaaaa! :D
Kalau males baca tulisan yang panjang, bisa langsung nonton video aku day 1 dibawah iniiii~
https://www.youtube.com/watch?v=8FmuNnHtiOA

Thanks!!

You May Also Like

3 comments

  1. Kak kau mau tanya itu penginapannya di meadows hostel gabung ya cowok cewek?

    ReplyDelete
  2. Kak kau mau tanya itu penginapannya di meadows hostel gabung ya cowok cewek?

    ReplyDelete
  3. Iyaaaaa, di meadows itu campur.. Tapi yang di dalam hotelnya jarang sih orangnya pada pergi terus hahaha

    ReplyDelete