How I won #MizzuLetter Contest

by - May 21, 2017




Effort yang besar akan memberi hasil yang besar juga. Well aku adalah orang yang percaya sama kata-kata itu. Aku itu akhir-akhir ini lagi suka ikutan kontes foto atau kontes blog mulai dari yang hadiahnya goodie bag, voucher belanja 50 ribu sampai jutaan, produk ataupun jalan-jalan gratis. Secara ya siapa yang gak pengen dapet hadiah besar tapi modalnya kecil.. aku yang jiwa ibu-ibunya udah menyala nih, gencar banget cari photo contest atau giveaway di social media. 

Dari banyaknya lomba yang aku ikutin, baru beberapa kali doang hoki dan menang. Emang kalau kaya lomba macam undian gitu emang untung-untungan banget ya menangnya dan aku gak bakat emang, gak hokian kalo kata orang hahaha.. So, aku lebih memilih lomba yang harus diikuti dengan niat yang besar dan perjuangan yang besar juga. I mean, gak mesti juga sih berjuang macam mempertahankan kemerdekaan tapi ini lebih menunjukkan kalau kita memang serius beneran ikutan lombanya gak cuma sekedar iseng "ah ikut siapa tau aja menang, coba-coba aja gak mesti bagus-bagus amat lah."


Yang baru banget nih aku menang lomba di Instagram, dari salah satu brand kosmetiks di Indonesia yaitu Mizzu Cosmetics. Jadi Mizzu bareng sama Beauty Journal Sociolla itu ngadain yang namanya #MizzuYou competition, yang ikut itu kudu bikin surat tentang inspiration atau pesan kasih, dukungan dan semangat buat orang yang kita sayangi. Nantinya bakal dikirimin hard copynya dari Mizzu ke alamat orang yang mau kita kasih Beauty Letter dengan pengirimnya adalah nama kita. Interesting right? Yang lebih menarik adalah hadiahnya! Karena hadiah utamanya liburan ke Thailand buat 2 orang boookkkk apa gak makin semangat hahaha. 

Aku ikut barengan sama Nia (www.deniathly.com) padahal besoknya udah hari terakhir submit dan aku baru ngirim data malamnya dan upload ke Instagram besok paginya. Seharusnya aku bisa upload foto flatlays dengan surat asli dari Mizzu tapi karena waktunya udah gak sempet jadi aku ngeprint sendiri lah demi bisa difoto dalam bentuk hard copynya. Ini foto yang aku upload ke Instagram + captionnya (lebay ya? Wkwkwk)



And guess what? Surat aslinya datang persis 1 hari sebelum pengumuman pemenang hahahaha.. Untung aja aku ngeprint sendiri, karena aku terpilih jadi salah satu pemenang! Yaaaa walaupun bukan hadiah utama, but I'm still so greatful dapet produk Mizzu senilai 750k wooowwww~ Of course terimakasih buat sis Nia juga ya, tanpa dia gak bisa bikin caption selebay diatas wkwkwk


Jadi seperti yang aku bilang di awal-awal banget menurutku kalau mau ikut lomba-lomba begitu emang harus beneran serius banget give it all we got. Aku sering banget kalah dari orang-orang yang 10 times more better dengan segala properti, lokasi dan resolusi foto yang bagus. Dari sekian kalinya aku menang lomba-lomba di sosmed, emang aku rasa yang aku "niat" banget itu alhamdulillah menang. Kalaupun gak menang, aku sadar karena ada yang lain emang lebih "niat" dan menang so that's fair enough.

Aku bakal share sedikit nih tentang pengalamanku menang lomba-lomba selama ini. Semoga tips ini bisa membuat kamu menang ketika ikut lomba foto di Instagram atau sosmed lainnya.
Berikut adalah 7 cara untuk menang lomba foto di sosmed versiku:

1. Follow Akun yang ngasih Info Kuis
Like seriously, aku follow akun Infokuis, kuishunter dan sebagainya biar bisa update terus tentang lomba-lomba atau giveaway yang lagi diadain di sosmed terutama Instagram. Rajin-rajin ajatuh liatin yang sekiranya bisa kamu ikutin.

2. Kepo-in Pesaing
Untuk lomba-lomba di sosmed, lebih gampang buat ngeliat saingan kita. Hehehehe aku suka banget kepoin orang yang pada ikut lomba foto gitu dan liat sudah berapa banyak yang ikutan dan harus gimana aku ngebuat fotoku biar beda dari yang lain. Biasanya lomba atau giveaway ngasih hashtag khusus, nah disitulah kamu bisa search. Biasanya kalau aku liat pesaingnya banyak dan udah bagus-bagus aku gak ikutan dan cari yang lain :D

3. Ikut Sesuai Bidangmu
Dari sekian banyak lomba yang ada diluar sana, aku biasanya ikut yang seputar Beauty atau Fashion. Karena aku lebih menguasai daripada aku ikutan lomba artikel ilmiah. Jadi misalnya kamu sukanya masak, ya cari lomba-lomba seputar kuliner. Dari situpun kita ikut lombanya juga lebih enjoy dan gak memaksakan diri.

4. Properti, Lokasi, dan Cara Pengambilan Gambar
Yappppp, good effort sangat perlu. Kalau perlu luangkan waktu sehari hanya untuk membuat foto yang akan kamu submit. Jangan lupa pakai properti sekreatif mungkin dan juga cari lokasi yang sesuai dengan tema lombanya. Kalau kamu pakai kamera HP gak masalah, asal pencahayaan juga cukup jangan sampai kamu foto didalam kamar yang gelap dan kualitas fotonya jadi kurang bagus. Karena emang hasil foto yang bagus biasanya jadi salah satu penilaian utama dalam kontes foto di sosmed.

5. Follow The Rules
Ini juga sangat penting, karena kadang banyak yang fotonya udah bagus ternyata mereka kalah karena gak mengikuti syarat dan ketentuannya. Di setiap lomba pasti ada rulesnya dong, dan itu sudah dijelaskan di awal. Jadi kamu harus baca dengan seksama syarat dan ketentuannya, jangan sampai salah nulis hashtag atau salah tag foto. 

6. On Time!
Karena pasti akan ada batas submit atau deadline lomba, jadi jangan mepet-mepet ikutan. Biasanya kita suka nunda kan ah nanti aja deh masih 1 minggu lagi kok terakhir submit, tapi nantinya akan berujung pada malas dan menghasilkan foto yang biasa aja dengan alasan udah mepet waktunya gak sempet. *so sometimes ini juga terjadi di aku, dan berujung kalah*
Kalau misalnya udah mepet, tetep harus effortnya sama dengan waktunya masih banyak. Trust me it's easier to say, I've been there done that hahaha..

7. Jangan Kasih Kendor
Jangan!! Karena ketika kamu menang 1 kali, bakal nagih deh pengen ikut lagi dan lagi. Tapi juga gak jarang kamu akan kalah lagi dan lagi. Ini juga ngajarin aku buat never give up dan terus coba lagi. Karena dari sekian banyak lomba, aku selalu bilang masa sih gak bisa menang? Apa iya sesusah itu buat menang 1x ajaaaaa.. and it works on me, jadi tiap ada kesempatan ikut aja jangan bosen2 dehhh..

That's it! Tips dan trik ala-ala dari aku yang padahal menang lomba foto atau kontes-kontes sosmed belum seberapa ini. But alhamdulillah mungkin total keuntungan dari menang sudah mencapai 5 juta rupiah. Siapa yang mau kasih aku 5 juta rupiah secara cuma-cuma kalau gak usaha kan xixixixi..
Walaupun hadiahnya kosmetik, tapi itu adalah kebutuhanku jadi aku sangat amat bersyukur gak perlu beli blush on dan eyeshadow sebangsanya itu buat beberapa bulan kedepan.

Buat yang udah ngelakuin semua tips diatas tapi ternyata belum menang juga, tenaanngg santai aja ikut lagi yang lain ada ajadeh pasti yang nyantol :D
Tertarik buat ikutan lomba dan kontes di sosmed juga? Good Luck!

N.b
You can check the review on my other post "Product Review Mizzu"

You May Also Like

7 comments

  1. Ameeeeeeeell, supeerb sekali tipsnya. Aku masih di tahap yg males-malesan nih, huhu. Tapi jadi pengen kepo kepo akun yg gemar tebar hadiah deh jadinya 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sis aku sampe bikin alter-ig lho wakaka

      Delete
    2. hahahahaha.. Iya mba harus semangat loh, mulai dari follow-follow akun infokuis dulu aja nanti jadi pengen tuh lama-lama :D

      Delete
  2. jangan kasih kendor wkwkkw ngakak pas baca itu

    www.deniathly.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pokoknya jangan sampe lepas say wkwkwk

      Delete
  3. Mels, aku tuh sempet juga lho semangat ikut kuis. Tapi pas tahu beberapa kuis hadiahnya diundi aku juga mundur. Tipikal yg sama kaya kamu haha. mending yang pake effort lebih. Tapi soal hokian, kalau undian aku sering hoki juga sih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sebenernya naik turun sih semangatnya, pas lagi selo ya semangat banget nyari wkwk.. aduhhh aku gak pernah dapet eh kalau undian diacak gitu, kurang beruntung :(

      Delete