Lebih Mencintai Hutan Melalui PUSAKA (Pameran Usaha Kehutanan)

by - September 29, 2018




Hello people! Di penghujung bulan September ini aku dapet kesempatan buat hadir di acara yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan Indonesia yaitu Festival KPH Tingkat Nasional dan Pameran Usaha Kehutanan (PUSAKA). Wah kalau diliat dari penyelenggaranya kayanya acaranya bakal berat gitu ya? Padahal gak sama sekali loh, malah seruuuu banget. Kalau kata Aggy temen Bloggerku, berasa dateng ke Coachella dengan kearifan lokal hahaha.. Bener banget sih emang, berasa dateng ke gigs dengan venue yang kece dan sudah familiar, Hutan Pinus Mangunan yang ada di Dlingo, Bantul DIY. Coba bayangin deh, Hutan Pinus seluassss itu disulap jadi tempat acara yang memamerkan berbagai macam hasil usaha kehutanan dari seluruh Indonesia.


Dari Yogyakarta, sampai Papua juga ikut hadir dan membuat stand pameran usaha kehutanan mereka.

Lebih senengnya lagi, ada juga stand dari daerah asalku yaitu Kalimantan Timur. Cihuyy, langsung deh aku samperin dan ngobrol banyak sama Kepala BPHP Kaltim yaitu Bapak Roni Saefullah.


Selfie Depan Stand KalTim

Di stand Kaltim ini hasil dari pengelolaan hutannya bisa jadi banyak makanan yang enak dan pastinya hal yang bermanaat untuk masyarakat juga seperti Lempok Durian yang jadi kesukaanku.


Hasil Produksi KPHP KalTim


Selain itu di stand KalTim ini ada satu hal yang paling menarik buatku, yaitu campaign satu daun dari cap jari kita sama dengan menyumbangkan satu pohon untuk hutan lestari. Alhamdulillah aku menyumbangkan sampai 2 cap jari hahaha.. Terimakasih yang udah ngecap jarinya ya, semoga pohonnya dapat tumbuh sehat dan berguna bagi masyarakat.


Campaign 1 daun di Stand KalTim


Setelah dari Kaltim, aku dan beberapa temen-temen Blogger Jogja keliling dan mengunjungi satu persatu stand-stand dari Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BPHP). Berasa keliling Indonesia hanya dalam beberapa jam aja hehehe.. Beberapa stand yang bikin aku betah berlama-lama nih diantaranya dari:

  • Papua & Papua Barat

Disuguhi Papeda dan Ikan Kuah Kuning di Stand Papua


  • Denpasar

Mas Roni dari Stand Denpasar Menjelaskan Tentang Madu


  • Palu & Makassar

Proses Budidaya Ulat Sutera


  • Medan & Jambi

Berbagai Macam Minyak dipamerkan di Stand Jambi

  • BKSDA Yogyakarta

Foto Bersama Burung Enggang dari GL Zoo


  • Banjarbaru

Hasil Produksi dari KPHP Banjarbaru


Dari semua pameran di stand-stand ini, mereka semua memiliki produk dan hasil yang berbeda. Semua hasil yang dipamerkan ini adalah hasil dari pengolahan yang dilakukan masyarakat, bekerjasama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan KPH dan BPHP tiap daerah. Menurutku bagus banget sih ini, karena secara ekonomi bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan pangan. Kegiatan pemanfaatan berupa hasil hutan bukan kayu dan jasa lingkungan di hutan lindung maupun di hutan produksi, Contohnya adalah dari Provinsi Lampung yang kerjasama dengan KTH Agroforest Park dengan produk unggulannya jagung dan tebu, sama dari Provinsi Sumatera Selatan bekerjasama dengan Gapoktan Riding Bersatu.

So keep in mind, kalau hutan itu gak melulu cuma kayu doang loh hasilnya ya. Tapi juga produk non kayu seperti yang dipamerkan di stand-stand diatas..


Hutan Pinus yang Bagus untuk Spot Foto

FYI, ternyata Hutan Pinus yang jadi venue acara ini termasuk Hutan Lindung loh! Hutan ini menjadi destinasi wisata alam yang Instagramable dan hits di Jogja. So, dengan kalian mengunjungi Hutan Pinus dan bayar retribusi ataupun bayar parkir, jajan di warungnya, foto-foto dan upload di media sosial kalian itu sudah termasuk mendukung program KLHK dan mensejahterakan masyarakat sekitar.


Selain Pameran Usaha Kehutanan, juga ada lomba menggambar & mewarnai untuk anak-anak dan juga job fair dan beasiswa. Yang paling ditunggu-tunggu adalah kehadiran Presiden Indonesia yaitu Pak Jokowi Bersama Menteri KLHK Ibu Siti Nurbaya dan juga Sultan Hamengku Buwono X. Ya walaupun gak bisa foto bareng Pak Joko Widodo, tapi aku dan temen-temen berkesempatan ngobrol sedikit sama Bu Menteri. Ditengah kerumunan orang yang mau foto bareng Bu Siti, it was such an honour for me!


Presiden RI Jokowi Saat Mengunjungi Stand



Wawancara dan Foto Bersama Menteri KLHK Indonesia
Walaupun sampe gemeteran dan grogi pas nanya, ternyata Ibu Siti Nurbaya ini orangnya asik dan gak kaku gengs. Coba aja kamu cek Instagram sama Twitter ibunya, beliau aktif banget loh di sosmed. Kereennn.. Beliau juga pesan sama kita Generasi Milenial dan Generasi Z di Indonesia yang cinta alam dan sumber dayanya,

"Mari kita jaga alam ini, kita manfaatkan untuk kehidupan dengan menjaga kelestariannya. Ingat bahwa sumber daya alam kita ini kita pinjam dari generasi yang akan datang, jadi harus kita kembalikan dalam keadaan minimal sama dengan sekarang. Jangan sampai lebih jelek!"

Oke siaaaapppp grak Bu Menteri...



So it was such a tiring but fun and meaningful day for me. Bangga rasanya bisa jadi bagian dari acara bergengsi ini dan lebih mengenal hutan Indonesia. Pastinya ini jadi sebuah alarm buat aku dan semoga juga buat kalian yang membaca ini, untuk terus menjaga hutan kita. Hutan yang menjadi tempat tinggal banyak makhluk hidup, yang menjadi paru-paru dunia! Kalau bukan kita sekarang ini yang menjaga, siapa lagi coba? Masa iya kamu mau tinggal di dunia yang gersang dan kering tanpa hutan? Big no~



Terima kasih khususnya untuk BPHP Kaltim, yang sudah sangat baik menerima kami para Blogger untuk meliput event ini. Sukses selalu, Salam Lestari!

**Photo courtesy of my fellow Bloggers, deniathly.com and duckofyork.com

You May Also Like

2 comments

  1. Yang ulet tuh agak geli geli lucu gitu yaaa hahaha
    beruntungnya kita <333


    Love,
    deniathly

    ReplyDelete
  2. salam kenal...
    salam rimbawan...
    salam lestari...

    ReplyDelete

Instagram @Windriani