One Day in Tenggarong

1:07 AM Rizka Amalia Windriani 2 Comments

Kota Tenggarong sempat jadi heboh dimana-mana waktu jembatannya runtuh di tahun 2011 lalu. Tapi emang hebat sih kota yang punya julukan Kota Raja ini, waktu aku kesana di awal tahun 2017 jembatannya udah dibangun kembali dan sekarang makin berkembang tempat wisatanya. Ya bisa dibilang Tenggarong ini "quick escape"-nya orang-orang Samarinda lah (termasuk aku). Karena emang gak terlalu jauh dari Samarinda, kalau pas gak macet gitu 1 jam bisa sampe. Menurutku juga oke banget buat jadi tempat Wisata yang wajib dikunjungi kalau ke Kalimantan Timur.
Ada 3 tujuan wisata yang mau didatangin di Tenggarong and they are;


1. Museum Mulawarman
Jadi pertama ke Museum, HTM 1 orang dewasa Rp.10.000 kalau anak-anak Rp.5.000 (per Feb 2017) dan Museum Mulawarman ini kalau weekdays buka dari jam 08.30 - 16.00 WITA. Weekend juga tetep buka, bisa cek jam buka di bawah ini ya..
Dalam museumnya itu isinya tentang sejarahnya kerajaan Kutai Kartanegara gitu, terus beberapa peninggalan-peninggalannya juga ada dipajang disana.





2. Ladaya (Ladang Budaya) Tenggarong
Gak terlalu lama di museum, langsung lanjut lagi ke Ladaya yang akhir-akhir ini di Instagram lagi ngehits karena rumah-rumah kecil ala Hobbit yang kece buat poto-poto. Museum sama Ladaya ini gak terlalu jauh sih, sekitar 10-15 menit sampe. Harga tiket masuk Ladaya ini Rp.10.000 (per Feb 2017) dan waktu itu aku masuknya pas weekdays, kurang tau apa di weekend HTMnya sama atau beda harganya hhehe..
Jalan kaki dari parkiran mobil ke rumah-rumah Instagram-able ini lumayan jauh juga kalau kamu termasuk jarang jalan kaki agak jauh :p Luas banget tempatnya, ada arena paint ball, ada kolam, ada kandang-kandang binatang kaya burung Enggang yang bulu ekornya dijadiin buat nari Dayak ituloh. Terus ada juga beruang madu yang kayanya masih kecil sih umurnya karena gak besar badannya. Dan pastinya ada rumah-rumah ala Hobbit yang ternyata bisa disewa buat penginapan. Katanya 1 rumah kecil itu muat 2 orang, harga permalamnya Rp.250.000



3. Pulau Kumala
Karena keasikan di Ladaya, jadi malah ke Pulau Kumalanya udah kesorean hahaha.. Sampe di Pulau Kumala tuh persis 10 menit sebelum loket ditutup jam 16.30 WITA. HTM masuk Pulau Kumala adalah Rp. 7.000 / orang.
Untung masih sempet sih, tapi emang katanya jam 18.00 WITA udah pada disuruh balik karena jembatannya mau ditutup. Jadilah kami buru-buru banget, foto-foto di jembatannya itu sebelum gelap. Dari jembatan ke pulau Kumalanya tuh juga lumayan lah jaraknya, nanti pas pulangnya ada opsi buat nyebrang balik pake ketinting alias kapal kecil yang muat 4-6 orang gitu.
Pada akhirnya, kami gak turun ke pulaunya karena sudah mau jam 18.00 dan aku cuma kaya numpang nginjak pulaunya aja terus balik lagi wkwkwk.. Udah gelap juga, kan serem kalau di pulau maghrib-maghrib gitu. Padahal katanya seru di pulaunya bisa rental sepeda yg tandem bisa berdua itu, terus keliling pulaunya. Pas pulang itu persis ngadep sunset, jadi bagus banget deh liat sunset dari atas jembatan penyebrangan ke pulau Kumala itu, epic :D



4. Rumah Makan Sambal Ading
Nah ininih yang kudu banget dicicipin kalau udah sampe Tenggarong, ikan laut pake sambal gami! Uhhhhhh, nulisnya jadi ngiler sendiri deh hahaa.. Jadi cara masaknya itu cobek Tanah liat di panaskan diatas api, dan sambalnya dimasak diatas Tanah liat itu, dikasih minyak goring yang banyak terus cemplungin deh ikannya. Kemaren aku pesen ikan kakap sama trakulu, waahhhh the best deh apalagi ditambah pete goreng duhhhh ngiler~ Sangking kelaparan jadi gak sempet moto makanannya, jadi aku ijin ambil dari blog lain ya xixi biar pada tau wujudnya.

*pic credit from www.xoxoindah.com*

Dan lumayan murah loh buat ikan laut yah, makan berenam itu habisnya sekitar 250 ribuan.. Warungnya tuh gak terlalu besar, dipinggir jalan besar. Jadi kalau dari arah Pulau Kumala, itukan mau pulang ke Samarinda nyebrang lewat jembatan tenggarong nah nanti pelan-pelan aja di tepi sungainya sebelah kanan jalan ada warung namanya Sambal Ading tulisannya warna merah besar jadi keliatan kok.. Atau bisa juga search di Google, bakal ada tuh alamatnya :)

*picture from Google Street View*

Jadi gak sabar nih mau main-main ke Tenggarong lagi :D

2 comments:

Foto terakhir mendung ya sis wkwk

www.deniathly.com

Wkwkwkwkwkwk mba nia jeli amat yg dikomen langitnta :p