Quick Escape to Umbul Ponggok

by - November 17, 2016

Kenapa quick? Ya karena emang gak ada rencana sama sekali sih, nyarinya yang cepet dan deket karena kebetulan waktu itu hari selasa dan lagi selo jadi langsung memutuskan buat ke Umbul Ponggok di Klaten yang memang dari Jogja gak terlalu jauh. Yaaa daripada ke pantai gunungkidul, lebih jauh lagi dan susah sinyal hehehe..


Kalau dari Jogja, pastinya ke arah timur ya jadi lewat Bandara Adi Sucipto terus lagi ngelewatin Candi Prambanan, masuk Kab. Klaten, dan ya selebihnya berkat bantuan Google Maps atau bisa tanya ke warga setempat pada tau kok kalo ditanya arah Umbul Ponggok. Dari Yogyakarta ke Umbul Ponggok itu sekitar 1,5 jam (karena weekdays dan gak macet ya) naik mobil start jam 10an gitu sampe sana sebelum dzuhur.. Umbul Ponggoknya sendiri buka dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore.
Honestly, aku sudah pernah sekali ke Umbul Ponggok dulu waktu jaman masih kuliah dan tidak seramai sekarang ini. Setelah 2 tahun baru ke Umbul Ponggok lagi dan wowwww udah jauh lebih bagus dan rapi ya sekarang. (Yaiyalah masa 2 tahun tempat wisata yang lagi hits ini gak ada kemajuan sih)


Jadi warung-warung yang jualan di pinggir kolamnya itu sekarang udah jadi kaya ruko gitu, terus banyak kursi dan kanopi yang teduh di pinggir kolam, bibir kolamnya udah bukan dari batu-batu alam doang tapi udah kaya di semen dan ada tangga turun kaya di kolam renang gitu..
Kalau untuk HTM Umbul Ponggok, aku lupa eh dulu berapa ya. Tapi yang pasti sekarang di bulan November 2016 harganya Rp. 15.000/orang dapet bonus cemilan isi abon nila produksi warga daerah setempat (enak loh pangsit isi abon nilanya sumpah dah)

Untuk sewa alat snorkelingnya kaya kacamata, pelampung sama kaki katak itu ntar lurus aja dari pintu masuknya ntar sebelah kanan ada tempat persewaannya. Kemaren untuk satu kacamata snorkelingnya 13.000 terus pelampungnya 7.000 sama kaki kataknya 15.000 atau 13.000 ya aku lupa hahahaha..
Ya karena aku gak bisa berenang jadi pelampung itu sangat wajib, dan kacamata juga perlu biar bisa liat ikan-ikan dibawah airnya yang supeeeerrr jernih. Airnya jernih karena emang sumbernya dari mata air yang ada tepat di bawah patung ikan di Umbul Ponggok ini. Kalo kamu liat kedalam air, tuh bisa keliatan kaya gelembung udara keluar dari dasar pasirnya. Kereeennn..

Buat foto-foto di Umbul Ponggok, pastinya kamu butuh kamera yang bisa diajak berenang. Kalau kamu gak punya action cam kaya Gopro atau Xiaomi Yi, di sana ada persewaan kamera underwater (yang aku gak tau berapa karena gak nyewa) dan bisa juga foto dibawah air pake properti unik kaya laptop, motor, becak dan lain-lain itu khusus kalau kamu beli paketan foto gitu ya.. Karena properti ya diturunkan hanya ketika ada yg deal mau beli paket fotonya itu.. Yaaahhh, karena aku liburan cepat dan irit jadi aku lebih milih buat foto-foto sendiri tanpa properti seperti yang sering kita liat di instagram ya pada foto di Umbul Ponggok pake sepeda motor, laptop dan barang-barang yang tidak selayaknya ada dibawah air hahahaha..

Tapi kamu jangan syedihhhh, di area Umbul Ponggok juga banyak yang jual plastik/casing khusus biar HP kamu bisa ikutan berenang walaupun gak tahan air. Harganya 20ribu per casingnya yang kalau udah 2 jam gitu di air ya bocor juga sih gak tahan. Tapi yaaa lumayan lah daripada nyewa kamera mahal ya yang penting ada foto dibawah air :p

Tips foto underwater di Umbul Ponggok:
Berenanglah ke tengah-tengah yang paling dalam, dan ambil foto ketika matahari cerah bersinar karena foto akan lebih terang dan backround terlihat luas karena bagian tengah kolam adalah yang paling dalam.

Dan ini diaaa hasil foto dari liburan singkat ke Umbul Ponggok yang banyak buramnya karena Xiaomi YiCam ku banyak nge fog padahal udah dikasih anti fog -_-



Atau bisa liat video pendek yang aku upload di YouTube Channel ku :D
https://www.youtube.com/watch?v=h_v3Ks00-gk&t=11s
Thanks!

You May Also Like

0 comments