Backpacking Trip Singapore to Kuala Lumpur Malaysia

Well a bit long since the last post, sorry about that :p
Here's another story about my trip #3Negara10Hari

PART 1
Hari ketiga di Singapore, aku gak terlalu banyak kemana-mana sih karena lebih tepatnya aku tersesat. Jadi pagi cuma ke Orchard Road, setelah itu sempet beberapa kali naik turun bis kota karena rencana awalnya setelah check out dari Hostel, mau ke Henderson Bridge. Sempet beberapa kali liat orang foto pre wedd gitu disana jadi pengen datengin dan foto-foto tapi kita malah nyesat (ditambah gak ada paketan internet buat pake google maps) akhirnya kita memutuskan buat yaudahlah maybe next time aja karena keburu siang dan kita gak boleh kesorean buat ke Kuala Lumpur.
Dari Singapore ke Malaysia, aku milih naik bis karena yang paling murah dibandingkan naik pesawat. Itung-itung pengalaman juga lah, gak perlu nyebrang-nyebrang pake kapal kok jadi gak sampe belasan jam diperjalanan. Dari hostel, kita naik MRT karena masih punya Tourist Pass, yang juga harus kita kembalikan hari itu juga karena udah hari ketiga.

Jadi gininih cerita keremponganku mau pergi ke Malaysia naik bis dari Singapur..
Awalnya disaranin sama penjaga Hostel buat ke terminal Jurong East, tapi aku baca di internet katanya di Boon Lay ada travel gitu yang bisa langsung ke Kuala Lumpur jadi akhirnya ke Boon Lay dulu dan ternyata gak nemu itu tempat travelnya dan akhirnya ngikutin saran dari orang Hostel buat ke Jurong East. Tapi ternyata di Jurong East itu start pointnya bis dalam kota, dan katanya untuk bis ke perbatasan Singapore-Malaysia lewatnya terminal Woodlands. Jadi akhirnya naik MRT lagi buat ke Woodlands. Untungnya Tourist Pass belum di retur duluan, kalo gak bingung lagi deh pasti wkwk.. Setelah sampe Woodlands, aku pastikan dulu kalo bener-bener fix bisa tuh nyebrang ke Malaysia baru aku ke information center MRT disitu buat retur Tourist Pass. Lumayan sih 1 kartu balik 10 dolar, 2 kartu 20 dolar buat nambah-nambah beli bekal makanan selama di jalan :D

Di Woodlands, aku harus naik bis nomor 950 atau 856 (terserah aja yang mana, yang datang duluan aja pokoknya) terus antri cukup panjang buat nunggu sampe bisnya dateng untuk menuju Johor Bahru. Harga tiketnya 1 orang dari Singapore ke Johor Bahru itu $1.65
Nanti dijalan menuju Johor Bahru, stop dulu di kantor imigrasi buat cek paspor. Dan karena waktu itu aku keluar Singapore hari sabtu sore akhirnya di kantor imigrasi antriannya puanjangggggg pol banget. Kebanyakan pada pegang paspor Malaysia, karena kan hari libur biasanya orang-orang Malaysia yang kerja di Singapore pada pulang kampung. Jadi sarannya sih mending jangan pas sabtu sore, kalau bisa sabtu pagi banget sekalian aja kayanya lebih sepi. Setelah lewat cek paspor, langsung keluar lagi nunggu bis yang sama dengan bis kota dari Singapur tadi nomornya. Gak mesti bis yang sama persis karena pasti udah lewat juga, yang penting sama-sama ada tulisan SBS Transit. Jadi ntar tinggal kasih liat aja tiket di awal pas naik tadi, terus lanjutin perjalanan buat ke Johor Bahru.

Setelah sampai di Johor Bahru, nyari bis buat ke Larkin. Nanti abis dari Larkin, nyari bis lagi buat ke Kuala Lumpur. Jadi rutenya tuh gini Singapore (Woodlands Bus Terminal) - Johor Bahru - Larkin - Kuala Lumpur
Waktu di Johor Bahru, lumayan bikin bingung karena kita nyari bis yang 'ngetem' tapi gak ada jurusan Larkin. Dan momen paling nge-BT in tuh tanya-tanya ke kernet bis malah diarahinnya cuma sana sana gitu doang, tanya ke satpam disuruh cari aja yang ada tulisan jurusannya Larkin tapi udah bolak balik ngecek bis yang stop disitu gak ada yang jurusannya Larkin. Udah sempet kesel banget, sampe akhirnya ada ibu-ibu yang liat kita kebingungan dan bilang kalau mau nyari bis ke Larkin harus nunggu di pinggir jalan nanti ada bis yang mampir naikin penumpang dan ada tulisannya Larkin. Thank God masih ada orang-orang baik ya! Setelah nunggu di pinggir jalan, datanglah juga itu bis yang kernetnya teriak Larkin Larkin. Harga tiket 1 orang 2 ringgit, lumayan murah dan kosong jadi bisa duduk. Dari Johor Bahru ke Larkin gak terlalu jauh, sekitar 20 menit. Jadi di Larkin itu tempat bis-bis gede yang antar kota gitu. Yaaa kalo di Jogja kaya terminal Jombor gitu lah..

Buat liat video pendek di hari ke-4 dan 5 bisa langsung cek di https://www.youtube.com/watch?v=MDOlSTA72AI

Dari Larkin ke Kuala Lumpur itu kurang lebih 4 sampai 5 jam karena berangkat dari Larkin jam 8 malem, terus sampe di Terminal Bersepadu Selatan Malaysia itu jam setengah 1 malam. Sepanjang jalan aku cuma tidur doang karena bisnya enak banget, double deck gitu dan aku dapet di yang tingkat 2. Harganya ya juga lebih mahal sih, 90 RM buat 1 orang. (Mungkin bis-bis yang lain ada yang lebih murah kalau diliatin satu-satu harganya sih tapi aku waktu itu udah males dan capek jadi ditawarin sama calo mau-mau aja).

Dan didalam bis itu, aku dapet musibah. Aku kehilangan salah satu barangku yang paling berharga hiksssss............................................. **Lanjut ke post PART 2 ya**