A Day at Universal Studio Singapore

by - August 19, 2016

Holaaaa.. Aku mau balik nyeritain trip #3Negara10Hari
Jadi di hari kedua, tanggal 22 juli 2016 aku masih di Singapore dan menghabiskan seharian di Universal Studio Singapore yang ada di Sentosa Island. Lumayan jauh dari pusat kota, jadi pagi-pagi udah berangkat dari Hostel naik MRT dari stasiun Farrer Park terus berhenti di stasiun Harbourfront. Dari stasiun MRT, masuk ke shopping mall terbesar di Singapore namanya VivoCity. Jadi dari MRT itu deket kok jalan kakinya ke mall, karena mau beli tiket sky train ke Sentosa Island namanya Sentosa Express di lantai 3 VivoCity Mallnya. Karena masih pagi, jadi mallnya masih pada tutup tapi akses jalan buat ke lantai 3 udah buka. Harga tiket keretanya itu 1 orang adalah $4 dan gak perlu lagi bayar apa-apa waktu masuk ke Sentosa Islandnya.



Setelah naik Sentosa Express, paling cuma 10 menit gak nyampe.. Jalan dikit buat ke gerbang utama Universal Studio Singapore dan pastinya foto sama the very famous Universal Globe yang berputar terus itu. Waktu itu hujan, jadi foto-foto didepan gak terlalu banyak. Rada nekat jugasih udah tau ujan tapi tetep masuk ke Universal Studio, tapi untungnya pas loketnya dibuka jam 9 pagi udah tinggal gerimis-gerimis doang dan antriannya gak terlalu panjang buat beli tiket masuk ke Universal Studio Singapore. Aku kesana hari jumat, HTM USS adalah $74 per orang jadi buat berdua $148 huhuhu mayan yaahh hampir 1,5 juta buat masuk ke Universal Studio Singapore wkwkwk tapi ya once in a lifetime sih dan karena emang udah diniatin dari awal jadi ya here we go!


Tips untuk masuk Universal Studio Singapore:
1. Datang pagi! Loket tiket udah buka dari jam 9 jadi dari hostel jam 8.30 pagi masih aman karena kalau kesiangan bakal antri panjang banget buat beli tiketnya dan juga rugi kalau gak menghabiskan seharian penuh di USS.
2. Bawa botol air yang bisa diisi ulang. Kalau perlu bawa 2, dan bawa juga cemilan-cemilan secukupnya kaya roti atau biskuit gitu. Karena waktu itu aku gak ada di cek apa-apa sih, asal gak terlalu mencolok aja misalnya bawa termos es masuk gitukan :)) Nanti didalam area USS banyak banget drinking fountain yang bisa buat kamu isi ulang air putih ke botol kamu. Biasanya air inum gratis ini ada di dekat WC umum.
3. Bawa raincoat alias jas ujan tipis yang harganya 5ribuan itu kalo di Indonesia, dan bawa payung juga karena ada beberapa wahana yang bakal membuatmu basah jadi daripada beli di dalam area USS harganya $10 buat jas ujan plastik tembus pandang. Masa iya 100rb kan sayang banget..
4. Bring a hat and sunglasses karena cuaca gak pasti, bakal menghabiskan seharian penuh yang bisa aja panas banget bisa aja hujan.
5. Use the most comfortable shoes / sandals karena area USS yang luas bingiiitttt, pastikan pake alas kaki senyaman mungkin karena gak mau kan baru jalan dikit udah pegel-pegel karena pake heels ;)
6. Ambil map alias peta Universal Studio Singapore setelah gerbang masuk, dan perhatikan jadwal-jadwal pertunjukan khusus setiap harinya. Jadi misalnya ada pertunjukan meet Sesame Street Characters di jam 10 pagi, dan masih banyak lagi yang lain jadi harus pinter-pinter nyesuaikan waktunya karena di setiap area itu ada show khusus gitu.
7. Bagi yang punya uang berlebih, mending beli tiket VIP namanya express pass. Jadi harganya lebih mahal di bundel dengan tiket masuknya, (aku kurang tau berapa karena aku gak beli) tapi kamu akan sangat untung karena banyak wahana yang rame dan antriannya panjang itu kamu bisa langsung masuk paling depan tanpa harus ngantri di barisan yang biasa. Yah, namanya juga ada harga ada rupa ya kan :D
8. Manfaatkan free Wi-Fi karena di area USS ada wi-fi gratis yang bisa kamu pake dengan daftar gratis cuma isi biodata gitu..

Didalam Universal Studio Singapore itu terbagi-bagi gitu wilayahnya,
1. Hollywood
Pas pertama masuk bakal banyak store oleh-oleh dan juga tempat makan. Belum ada wahana apa-apa dibagian sini.
2. New York
Disini, ada 2 attraction. Yang pertama aku masuk ke Lights, Camera, Action! Terus yang kedua ada Spaghetti Space Chase yang tokohnya Sesame Street gitu..
3. Sci-Fi City
Wahhh ini dari jauh udah keliatan roller coaster super gedeeee warna merah biru putih. Dan di sci-fi City ini adalah area yang rame banget karena ada Transformers! Banyak robot-robot transformes, terus ada juga Bumble Bee yang berupa mobil kuning itu, dan pastinya ada wahana yang super seru namanya Transformers: The Ride 3D tapi kamu harus siap-siap antri yang supeeeeeeeeerrrrr panjang apalagi kalau weekend! Wahhh ngantri sampe sejam lebih sendiri tuh di Transformers, tapi yaaa emang seru sih jadi worth it lah menunggu lama hehe.. Abis ituuu, naik roller coaster Battlestar Galactica Cylon yang warna biru dan Battlestar Galactica Human yang track merah, lagi-lagi ngantri dan kita gak boleh bawa tas, kamera, topi, kacamata, HP, kamera gitu jadi harus dimasukkan ke dalam loker gitu di dekat pintu masuk roller coasternya dan untuk 45 menit atau 50 menit pertama ya (aku lupa) itu gratis, tapi kalo lebih dari itu harus bayar $2
4. Ancient Egypt
Sebenernya disini ada 2 wahana, tapi aku cuma naik yang Revenge of the Mummy doang karena yang Treasure Hunters waktu itu lagi di renovasi, dan juga katanya sih itu wahana buat anak-anak naik kapal kecil gitu. Kalo aku yang naik kayanya langsung karam kapalnya :') Nah jadinya naik Revenge of the Mummy yang gak antri sepanjang Transformers, tapi lagi-lagi kamu harus menitipkan barang-barang kamu di loker yang udah disediakan.
5. The Lost World
Aku disini cuma naik 3 attraction, yang pertama itu Jurassic Park Rapids Adventure terus Canopy Flyer sama WaterWorld. Jadi Waterworld ini ada jamnya, waktu itu aku nunggu yang jam 16.00 sore, jadi sebelumnya aku loncat ke area selanjutnya dulu baru jam 4 kurang aku ke WaterWorld lagi buat nonton pertunjukkannya.
6. Far-Far Away
Sambil nunggu buat nonton pertunjukan di WaterWorld, aku masuk ke dunianya Shrek dulu hehehe.. Yang pertama aku masuk ke Shrek 4-D Adventure, abis itu naik roller coaster mini di Enchanted Airways, sama Puss in Boots. Kalau Magic Potion Spin itu ada didalam toko merchandise gitu dan khusus buat anak-anak jadi aku gak naik..


7. Madagascar
Area terakhir dari Universal Studio Singapore, udah mulai sepi dan masuk ke wahana Madagascar A Crate Adventure sama sekali gak antri karena sepi banget :D Terus ada juga King Julien's Beach Party Go Around tapi gak naik karena hari sudah gelap dan mulai gerimis juga.

Keluar dari USS itu sekitar jam setengah 8 malam, bener-bener seharian full deehhh.. Puas bangeett, pas jalan ke arah pintu keluar itu mampir sempet ada konser band gitu dan juga musik-musik tapi sudah sangat lelah dan pengen cepet cari makan. Selama di USS cuma beli corndog doang buat mengganjal makan siang, karena kalau makan di dalam area USS emang mahal banget jadi yaaa cukup makan bekal roti terus makan malamnya diluar sambil jalan pulang xixixi..


Awalnya berencana pulang naik Sentosa Express lagi, tapi pas liat antriannya panjang banget terus akhirnya tanya-tanya ada cara lain gak buat keluar Sentosa Island dan akhirnya memutuskan buat naik bis aja yang lebih tidak padat daripada naik taksi yang pastinya lebih mahal. Akhirnya kami turun ke area parkiran mobil dan menunggu di bus stop. Ternyata ada bis yang mengantarkan kembali ke Vivo City secara gratis! Hohohohoho aku kurang tau ya pas perginya apakah juga ada bis gratis kaya gitu, tapi ya gak papa sih udah nyobain sky train pas dateng gak rugi-rugi amat lah.

Dari VivoCity jalan kaki lagi ke arah MRT Station Harbourfront dan ambil jalur warna ungu menuju Chinatown. Pastinya pake Tourist Pass lah ya seperti biasa, gak perlu repot antri beli tiket satuan dan lebih murah juga.. Sesampenya di Chinatown, begitu keluar stasiun langsung dimanjakan dengan pasar cina yang jual berbagai macam barang dan makanan. Woohh langsung laper berat! Tapi buat kamu yang agama Islam, hati-hati di Chinatown banyak makanan tidak halal jadi harus pintar-pintar milihnya ya :D

Makan malam ku adalah fried oysters pake telur dadar gitu, terus nasi ayam bumbu kecap sama bihun goreng gitu. Pake es lemon tea 1 doang karena masih ada air putih di botol sendiri, jadi totalnya adalah $20 yaahhh mayan lah dengan porsi segitu. Jangan dibandingin sama Jogja yang 10rb bisa makan nasi telor hehehe... Setelah itu langsung naik MRT lagi dan pulannnngggg! MRT di Singapore itu sampe tengah malem kok, kurang tau tepatnya sih tapi sampe jam 12 gitu masih beroperasi.

That's all from day 2! Untuk video day 2 is up on my YouTube Channel
https://youtu.be/PeJgmmNTJiQ

You May Also Like

0 comments