Gunung Nglanggeran Alias Gunung Api Purba

by - February 20, 2016

Hayoo! Denger nama Gunung Api Purba berasa ada di film kartun The Flintstones gak sih? hahaha karena itu yang pertama terbesit dipikarnku waktu diajakin kesana. "Ini mesti tempat tinggalnya Flintstones sekeluarga" eh jangan-jangan belum tau siapa Flintstones? Hihihi ituloh yang kartun tentang sekeluarga manusia purba. Lucu banget deh, searching aja yah :p
Si Gunung Api Purba ini nama aslinya Gunung Nglanggeran karena lokasinya ada di Desa Nglanggeran, merupakan tempat yang ciamik sekali buat menikmati sunrise dan juga sunset. (Walaupun waktu itu aku kesana siang menjelang sore dan gak ngeliat sunset dari atas puncaknya). Dari namanya gunung api, jadi katanya emang pernah aktif di jaman dahulu kala kamu pasti belum lahir.

Akses menuju Gunung Api Nglanggeran atau Gunung Api Purba ini sebenernya gampang-gampang susah, jadi gampang dulu baru susahnya terakhir soalnya kalau dari jalan raya wonosari itu kan lewat Bukit Bintang tuh, sampai ntar ada perempatan rada gede ada plang besar tulisannya arahan buat ke Gunung Api Purba. Itu awalnya sih jalannya masih mulus, sampe ke parkirannya di kaki gunung. Tapi setelah turun dari kendaraan, bayar HTM yang waktu itusih Rp.7.000/orang (katanya kalau malam beda lagi harganya, kurang tau berapa dan kenapa kok malam lebih mahal) dan bagian susahnya dimulai! Menuju puncak itu emang selalu memerlukan perjuangan kok yah, kecuali situ pakai helikopter sih haha.. Sebenernya kalau dibandingkan Gunung Bromo, Gunung Prau gitu masih jauh lebih pendek Gunung Api Purba sekitar 700mdpl tapi ya lumayan buat olahraga dan menguras keringat fyuh! Asiknya waktu naik kesini gak perlu pakai jaket tebel, sepatu gunung segala  malah banyak cewek-cewek pada pakai wedges.

Sepanjang jalan itu banyak tebing-tebingnya dan juga batuan yang berdekatan banget jadi buat lewat itu sempit kudu nunduk-nunduk segala buat ngelewatinnya. Tapi tenang aja banyak tempat buat istirahat kaya gazebo gitu dan ada yang jualan minuman juga jadi gak perlu buru-buru sampai ke puncak karena sepanjang perjalanan menuju puncak udah disajikan pemandangan apik :D
Setelah sekitar 45 menit, sampai jugalah saya dengan doi ke puncak. Ternyata rame kaya pasar malem! Anginnya kenceng banget bikin rambut berkibar-kibar ala iklan sampo :P :P Yaudah sih ini beberapa foto-foto waktu disana, what do you think?



Location: Gunung Api Purba/Gunung Nglanggeran
Photo taken with: Canon 60D + Fisheye Lens
Taken by: Amalia Windriani, Stranger
In Frame: Amalia Windriani, Fattahillah Fahmi

You May Also Like

0 comments